Welcome To My Blog !

Minggu, 25 Maret 2012

Apa Itu Kepribadian Bangsa Timur ?

Apa Itu Kepribadian Bangsa Timur ?

     Tema : Kepribadian bangsa timur


Nama : Muhammad Fadillah
NPM : 54411807
Kelas : 1ia24




TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012
 _____________________________________________

BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Kepribadian adalah sifat atau perilaku seorang individu  yang nampak dan dapat dilihat oleh seseorang. Manusia itu merupakan makhluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri atau saling membutuhkan, karena untuk dapat berinteraksi dan bertahan hidup. Hal ini adalah suatu hal yang sangat dianut oleh masyarakat bangsa timur.
Dari pengertian atau definisi tentang kepribadian dan juga dari bangsa timur di atas, saya akan membahas pengertian dari :
  1. Pengertian dari Kepribadian secara Rinci.
  2. Pengertian tentang unsur - unsur budaya luar / asing yang sulit diterima oleh bangsa timur.
1.2    Tujuan Penelitian
  1. Mengenal kepribadian secara detail.
  2. Mengetahui unsur budaya asing yang sulit diterima bangsa timur.
  _____________________________________________

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian tentang Macam - macam Kebudayaan.
       
    kepribadian merupakan integrasi dari keseluruhan kecendrungan seseorang untuk berperasaan, berkehendak, berpikir, bersikap, dan berbuat sesuai dengan pola perilaku tertentu.


kepribadian individu sangat beragam. Karena selain pengaruh sosialisasi ada hal lain yang mempengaruhi pembentukan tersebut yaitu :

   1. Keadaan Fisik
Setiap manusia mempunyai keadaan fisik yang berbeda dari orang lain. Perbedaan fisik anak menimbulkan perbedaan perlakuan dari orang sekitarnya. Anak yang fisiknya lemah cenderung dilindungi secara berlebihan sehingga tumbuh menjadi pribadi yang tidak berani mencoba hal-hal baru. Keadaan fisik seseorang diwarisi dari ayah dan ibunya. Ketika berada dalam kandungan, perkembangan individu sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi dari ibu dan keadaan kejiwaan ibu.

   2. Lingkungan fisik
Lingkungan fisik seperti perbedaan kesuburan tanah dan kekayaan alam akan mempengaruhi kepribadian penduduknya.

   3. Kebudayaan
Setiap kebudayaan menyediakan seperangkat norma sosial budaya yang berbeda dari masyarakat lain. Perbedaan nilai dan norma kebudayaan signifikan terhadap perbedaan kepribadian. Misalnya orang yang berasal dari suku di luar Jawa akan melihat orang Jawa sebagai individu yang halus baik tuturkata maupun gerakannya.

   4. Pengalaman Kelompok
Melalui pergaulan kelompok seseorang akan menilai dirinya sesuai dengan nilai kelompoknya. Pembentukan kepribadian dipengaruhi nilai kelompok masyarakatnya. Contohnya individu mendapatkan pengalaman dari teman-teman sebaya atau teman sepermainan.

   5. Pengalaman Unik
Perbedaan kepribadian terjadi karena pengalaman yang dialami seseorang itu unik dan tidak ada yang menyamai. Misalnya seorang anak di waktu kecil belajar naik sepeda dan jatuh. Sejak itu ibu selalu melarang jika anak ingin mencoba naik sepeda lagi karena takut anak jatuh. Larangan tersebut mempengaruhi pembentukan kepribadian, menyebabkan anak tumbuh menjadi pribadi yang tidak berani mencoba hal-hal baru karena takut gagal.


2.2  Pemahaman Tentang 

unsur-unsur kebudayaan asing yang sulit diterima bangsa timur :


  1. Unsur-unsur yang menyangkut sistem kepercayaan seperti ideologi, falsafah hidup dan lain-lain.


  2. Unsur-unsur yang dipelajari pada taraf pertama proses sosialisasi. Contoh yang paling mudah adalah soal makanan pokok suatu masyarakat.


  3. Pada umumnya generasi muda dianggap sebagai individu-individu yang cepat menerima unsur-unsur kebudayaan asing yang masuk melalui proses akulturasi. Sebaliknya generasi tua, dianggap sebagai orang-orang kolot yang sukar menerima unsur baru.


  4. Suatu masyarakat yang terkena proses akulturasi, selalu ada kelompok-kelompok individu yang sukar sekali atau bahkan tak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi.



  _____________________________________________
 BAB III
KESIMPULAN
  
Dari pengertian pembahasan pada BAB sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa Kepribadian itu adalah sifat atau perilaku dari diri kita sendiri, yang sebagai golongan bangsa timur. kepribadian bangsa timur sangatlah menganut sosialisasi.Sekian

0 komentar:

Posting Komentar